Rumus Volume Tabung, Contoh Soal dan Cara Menghitung

Rumus Volume Tabung – Berikut panduan mengenai cara menghitung volume silinder yang benar beserta kumpulan contoh soal dan jawaban pembahasan mengenai perhitungan luas permukaan tabung dan volume tabung. Agar dapat menemukan volume silinder, anda perlu menghitung sebuah silinder dengan menggunakan rumus silinder. Tahukah anda apa itu silinder? Silinder adalah tabung bangun tiga dimensi beraturan yang berbentuk batang dengan penampang berbentuk lingkaran dan memiliki ketinggian tertentu. Radius, Diameter, dan Tinggi Sebuah Silinder serta Dimensi sebuah silinder atau tabung dinyatakan dengan besaran radius atau diameter penampang tabung dan tinggi tabung.

Diameter sebuah tabung bisa jadi lebih pendek, sama atau lebih panjang dari tinggi tabung. Jika dimensi tinggi silinder jauh lebih besar dari diameternya, dimensi tinggi ini kadang disebut panjang silinder misalnya pada batang besi. Jika dimensi tinggi silinder jauh lebih kecil dari diameternya, dimensi tinggi ini kadang disebut sebagai tebal silinder misalnya pada keping koin. Radius silinder sering disebut juga sebagai jari-jari silinder.

Rumus Menghitung Volume Tabung

Agar dapat menghitung volume tabung atau isi sebuah silinder, maka kita harus mengetahui dimensi radius atau diameter (dimana diameter=2x radius) dan tinggi silinder tersebut. Rumus untuk menghitung volume silinder adalah sebagai berikut:

volume = pi x radius x radius x tinggi

Silahkan lihat pada gambar dibawah ini!

rumus volume tabung

Dalam gambar diatas diketahui bagian-bagian dari sebuah tabung yaitu tinggi, radius, diameter. Untuk menghitung volime menggunakan Pi dengan lambang π yang mana pi (π) merupakan 22/7. Rumus ini seringkali ditulis secara lebih disingkat sebagai V = pi x R x R x T. Volume sebuah silinder pada dasarnya adalah luas lingkaran penampang tabung dikalikan dengan tinggi tabung. Pada rumus tersebut pi x r x r adalah luas lingkaran penampang silinder. Namun apabila yang diketahui adlah diameternya, maka rumusnya bisa diubah menjadi:

V = 1/4 x π x diameter x diameter x t

Perlu diperhatikan bahwa dalam menghitung volume sebuah silinder menggunakan rumus di atas, dimensi radius (atau diameter) dan tingginya harus dalam satuan yang sama. Satuan volume adalah satuan panjang kubik misalnya millimeter kubik (mm3), centimeter kubik (cm3) , meter kubik (m3), dan lain sebagainya.

Contoh Soal Mencari Volume Silinder Tabung

Contoh Soal 1

Untuk mengetes apakah kita sudah paham cara menghitung volume tabung/ silinder mari kita coba kerjakan beberapa contoh soal berikut ini. Diketahui sebuah tabung memiliki jari-jari 7 cm dan memiliki tinggi 5 cm. hitunglah luas permukaan dan volume dari tabung tersebut ?

Penyelesaian:

  • luas permukaan tabung = π x r2
  • luas permukaan tabung = 22/7 x 72
  • luas permukaan tabung = 154 cm2

untuk mengetahui volume tabung kita cukup mengalikan luas permukaan alas dengan tinginya:

V = Luas permukaan x t
V = 154 x 5 = 770 cm3

Contoh Soal 2

Apabila jari-jari dari sebuah tabung diketahui 21 cm dan tingginya aalah 13 cm, maka hitunglah volume dari tabung tersebut.

Penyelesaian:

  • V = πr2 x t
  • V = 22/7 x 212 x 13
  • V = 1386 x 13
  • V = 18018 cm3

Contoh Soal 3:

Putri memiliki tangki minyak berbentuk tabung dengan tinggi 2 meter. Jika tangki tersebut diisi minyak sampai penuh, tangki tersebut dapat menampung 2260,8 liter minyak. Berapa volume tangki minyak milik Putri ?

Penyelesaian:

Diketahui : Volume (v) = 2260,8 liter =2.260.800 cm3

       Tinggi (t ) = 2 m = 200 cm

Ditanya : jari-jari (r)

Jawab :

Jadi jari-jari tangki tersebut adalah 60cm.

Contoh Soal 4:

Sebatang pipa PVC berbentuk tabung memiliki panjang  yakni 14 meter  dan mempunyai jari-jari 3 cm. Berapa liter volume pipa PVC tersebut?

Penyelesaian:

Diketahui : jari-jari  (r) = 3 cm

             Tinggi (t ) = 14 m = 1400 cm

Ditanya : Volume tabung (v)

Jawab :

Jadi volume pipa tersebut adalah 39,6 liter

Jadi volume tabung adalah 18018 cm. Nah, dari sini ternyata tidak begitu sulit kan untuk mengerjakan soal menghitung volume tabung silinder? Sekian ulasan mengenai rumus menghitung volume silinder tabung yang dapat kami bagikan kali ini. Semoga apa yang kami tulis ini dapat bermanfaat untuk anda khususnya yang sedang kesulitan mengerjakan soal rumus matematika.