Rumus Keliling Lingkaran – Cara Menghitung dan Contoh Soal

Rumus Keliling Lingkaran – Berikut tutoial cara menghitung keliling lingkaran yang benar dan tepat disertai contoh soal mencari nilai keliling lingkaran beserta jawaban dan pembahasannya lengkap. Sebagian orang pasti sudah lupa tentang bagaimana caranya agar kita bisa mengetahui volume keliling lingkaran yang sebenarnya. Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan tips untuk menghitung keliling lingkaran dengan mudah dan cepat yang dapat anda pelajari dalam hitungan detik saja.

Agar bisa mengetahui suatu volume keliling lingkaran, anda tentung saja membutuhkan sebuah rumus matematika untuk menghitung keliling lingkaran. Rumus lingkaran sebenarnya sudah diajarkan pada anak sekolah dasar (SD). Salah satu bangun datar yang kerap hadir pada soal-soal matematika adalah lingkaran. Lingkaran satu-satunya bangun yang tidak memiliki sisi atau bisa dikatakan tak terhingga. Setiap bangun pasti memiliki keliling dan luas yang sering ditanyakan.

rumus keliling lingkaran

Selain itu apabila kita sudah mengetahui cara menghitung keliling lingkaran akan dapat berguna bagi kehidupan sehari-hari, seperti untuk membantu pekerjaan pengrajin, atau untuk memosisikan pagar di sekitar bak mandi air panas, atau untuk memecahkan masalah tugas matematika di sekolah, atau lainnya. Anda juga bisa mengajari anak tentang cara menghitung luas sebuah lingkaran dengan santai. Nah, Jika Anda ingin tahu cara menghitung keliling lingkaran, berikut ulasannya.

Rumus Keliling Lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran adalah sebagai berikut:

π x d atau 2 x π x r

Lain halnya dengan keliling, berikut adalah rumus Luas Lingkaran:

π x r2

Keterangan untuk kedua rumus diatas:

  • π = phi = 3,14 atau 22/7
  • d = diameter (2 kali jari-jari)
  • r = jari-jari lingkaran.

Contoh Soal Cara Menghitung Keliling Lingkaran

Nah, agar lebih mudah memahami rumus luas dan keliling lingkaran diatas, mari kita coba beberapa test soal-soal tentang bagaimana cara menghitung keliling lingkaran dan luas lingkaran dibawah ini:

Soal pertama, Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 14 cm. Berapakah keliling lingkaran tersebut?

Jawab:

Keliling = π x 2 x jari-jari, maka 22/7 x 2 x 14 = 88 cm

Soal kedua, Berapakan keliling suatu lingkaran yang memiliki diameter 6 m?

Jawab :

Keliling = π x d , maka 22/7 x 6 = 18,85 m

Soal ketiga, Jika ada sebuah kolam renang berbentuk lingkaran yang mempunyai diameter 20 m. Jika sesorang berlari mengelilingi kolam tersebut 12 kali, berapakah jarak yang ia tempuh ?

Jarak yang ditempuh adalah = 12 x keliling kolam = 12 x 3,14 x 20 = 753,6 m

Soal keempat, Jika sebuah motor mempunyai roda dengan jari-jari 42 cm berputar sebanyak 2000 kali, berapah jarak yang di tempuh oleh motor tersebut ?

Jawab : jarak yang ditempuh motor sama dengan 2000 kali keliling lingkaran ( roda )

maka jarak yang ditempuh motor = 1000 x π x d = 1.000 x 22/7 x 84 cm = 264000 cm = 2,64 km.

Soal kelima, Sebuah lingkaran mempunyai luas 1256 cm2 hitunglah keliling dari lingkaran itu ?

Jawab:

Luas lingkaran = π r2 ⇔ 1256 = 3,14 x r2
r2 = 1256/3,14 = 400
r = √400 = 20 cm
keliling = 2 π r = 2 . 3,14 . 20 = 125,6 cm.

Sekian ulasan mengenai cara menghitung keliling lingkaran dengan menggunakan rumus lingkaran yang mudah yang bisa kami bagikan kali ini. Semoga apa yang telah kami tuliskan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda serta anak anda. Dan guna menambah wawasan anda seputar ilmu matematika, jangan lupa juga untuk mengulas panduan menyelesaikan rumus simpangan baku.