Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Kalkulator Kehamilan

Kalkulator kehamilan – Untuk ulasan kali ini kami akan membahas tentang tips dan trik seputar perhitungan kehamilan khususnya cara menghitung usia kehamilan. Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya kehamilan adalah momen yang bahagia yang sangat ditunggu-tunggu oleh pengantin baru beserta keluarga. Kehadiran buah hati selalu membuat rumah menjadi sangat hangat. Berbagai tanda usia kehamilan awal yang sudah dirasakan bisa menjadi hal yang sangat ditunggu oleh setiap pasangan suami istri. Apapun itu, entah gejala hamil anak kembar atau tunggal akan menjadi hal penting untuk keluarga, terutama ibu yang sangat ingin hamil. Segera setelah dokter menyatakan kehamilan Anda, maka saat itu dokter akan memperkirakan waktu kelahiran yang akan dihitung berdasarkan perkiraan usia kehamilan ibu.

Adapun solusi lainnya untuk mengetahui usia kehamilan dalam minggu ibu adalah dengan melakukan tes langsung ke dokter kehamilan atau bidan, namun apabila ibu merasa malas untuk pergi ke klinik, ibu dapat menghitung sendiri usia kehamilan dengan beberapa cara mudah yang akan kami tuliskan berikut ini seperti menggunakan kalkulator kehamilan. Cara menghitung usia kehamilan secara ringkas ini merupakan cara yang sangat mudah untuk dilakukan, selain itu cara menghitung umur Kehamilan yang akan kami tuliskan ini juga terbukti akurat, hemat serta aman. Dengan melakukan tes usia kandungan kehamilan ibu juga tidak perlu repot untuk mengatur janji bertemu dengan dokter spesialis kandungan serta mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Ada banyak cara untuk mengetahui usia kehamilan dengan sangat spesifik, salah satunya ialah dengan memanfaatkan teknologi kalkulasi yang bernama kalkulator kehamilan. Cara mengkalkulasi usia kehamilan dengan menggunakan kalkulator kehamilan ini sangat mudah dilakukan, anda tinggal mengisi form-form yang telah tersedia meliputi hari pertama anda mengalami haid, rata-rata lama siklus haid yang anda alami dan lain sebagainya. Nah, langsung saja bagi anda yang ingin msengetahui usia kehamilan dengan menggunakan kalkulator kehamilan, bisa anda coba dibawah ini.

kalkulator kehamilan

Kalkulator Kehamilan Online :

Hari Pertama Haid Terakhir

(HPHT)

Tanggal (DD)

Bulan (MM)

Tahun (YYYY)

Lama Siklus Haid Rata-rata

Boleh tidak diisi

(22 – 45 hari)

*Umumnya 28 hari

Perkiraan Pembuahan
Perkiraan Usia Janin
Perkiraan Siap Dilahirkan
Perkiraan Tanggal Kelahiran
Trimester Pertama
Trimester Kedua
Trimester Ketiga

Adapun metode lain untuk mengetahui usia kehamilan adalah menggunakan cara menghitung usia kehamilan secara manual seperti dibawah ini:

Cara Menghitung Usia Kehamilan :

Cara perhitungan usia kehamilan dengan menggunakan hari pertama menstruasi terakhir atau disingkat HPTP dilakukan berdasarkan rumus Neagel. Perhitungan sangat efektif untuk wanita yang memiliki siklus haid selama 28 sampai 30 hari. Cara perhitungan berdasarkan rumus menghitung usia kehamilan dibawah ini:

HPTP + 7 hari
Bulan haid – 3 bulan
Tahun haid + 1

Sebagai contoh, mari simak contoh soal dibawah ini :

HPTP 16 Agustus 2017, jadi:

16 – 7= 9 (tanggal)

Agustus (8) – 3 = 5 (mei ), bulan

2017 + 1 = 2018 (tahun).

Jadi kemungkinan bayi Anda akan lahir pada tanggal 9 Mei 2018. HPL atau perkiraan hari perkiraan lahir selalu memiliki rumus dikurang atau ditambah 7, jadi kemungkinan HPL bayi Anda sekitar 2 – 16 Mei 2018. Cukup muda bukan? Nah, apabila anda ingin mengetahui usia kehamilan secara akuran dan detail, anda dapat memeriksakan usia kandungan dengan mengugnakan metode USG. Nah, bagi anda yang belum pernah melakukan metode ini, kami akan memberikan sedikit pengertian tentang apa yang dimaksud dengan USG.

USG merupakan kepanjangan dari Ultrasonography yang artinya adalah alat yang prinsip dasarnya menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang tidak dapat didengar oleh telinga kita. Dengan alat USG ini sekarang pemeriksaan organ-organ tubuh dapat dilakukan dengan aman tanpa efek samping karena pemeriksaan menggunakan usg tidak mengandung Efek radiasi yang dapat membahayakan kandungan. Namun pemeriksaan menggunakan metode ini kami sarankan agar sebaiknya USG dilakukan setelah usia kehamilan 7 minggu atau lebih, sedangkan untuk mengetahui jenis kelamin janin, waktu USG yang tepat adalah pada usia kehamilan 18 hingga 22 minggu.

Nah, kami rasa sekian dari ulasan tips dan trik seputar cara menghitung usia kehamilan dengan mudah, praktis dan akurat yang dapat kami tuliskan kali ini, semoga apa yang telah kami sajikan dalam artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan anda.