Kalkulator BMI Online – Cara Menghitung Body Mass Index

Kalkulator BMI – Cara menghitung BMI (Body Mass Index) dengan mudah dan tepat melalui calculator online. Setelah sebelumnya kami menuliskan cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus dasar hitungan berat dan tinggi badan, pada ulasan kali ini kami akan menuliskan ulasan lengkap tentang cara menghitung BMI. Memiliki tubuh yang berotot merupakan stiap lelaki, namun tahukah anda bagaimana cara mengukur tubuh ideal apakah itu terlalu kurus, terlalu gemuk atau pas. Nah, mungkin sebagian dari anda ada yang belum mengerti tentang apa itu BMI, berikut ini adalah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan BMI itu.

Pengertian BMI (Body Mass Index)

BMI adalah singkatan dari Body Mass Index yang memiliki arti perhitungan kalkulasi yang mendasarkan pada tinggi dan berat badan anda yang pada akhirnya digunakan untuk mendeteksi derajat badan anda apakah tergolong kurus, berat badan ideal, gemuk maupun obesitas. Dengan kata lain BMI merupakan cara untuk membantu Anda mengetahui apakah Anda memiliki berat badan yang sehat untuk tinggi badan Anda. BMI adalah angka berdasarkan berat dan tinggi badan Anda.

Dengan mengetahui BMI atau Body Mass Index kita dapat memantau kesehatan jasmani dengan mudah. Secara umum, semakin tinggi jumlahnya, semakin banyak lemak tubuh seseorang. Hasil BMI juga sering digunakan sebagai alat skrining untuk menentukan apakah berat badan Anda mungkin membuat Anda berisiko terkena masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Fungsi BMI

Dokter dan perawat sering menggunakan kalkulator BMI untuk membantu mengetahui apakah seseorang memiliki masalah berat badan. BMI memberikan perkiraan yang bagus tentang lemak tubuh total bagi kebanyakan orang, tapi tidak bekerja dengan baik untuk semua orang. Misalnya, binaragawan atau orang yang sangat berotot bisa memiliki BMI tinggi karena massa otot mereka, meski belum tentu kelebihan berat badan. BMI juga dapat meremehkan lemak tubuh pada orang-orang yang kehilangan massa otot, seperti beberapa orang lanjut usia.

Kalkulator BMI

Bagi kebanyakan orang dewasa, BMI adalah cara yang baik untuk mendapatkan gambaran tentang rentang berat badan yang sehat. Tapi tidak selalu kata akhir dalam menentukan apakah seseorang kelebihan berat badan atau obesitas. Ada hal lain yang perlu dipikirkan saat menilai berapa berat seseorang. Seseorang dengan BMI tinggi harus dievaluasi oleh penyedia layanan kesehatan, yang mungkin menggunakan faktor lain seperti ketebalan lapisan kulit (ukuran lemak tubuh), ukuran pinggang, evaluasi diet dan masalah kesehatan keluarga, dan faktor lain untuk mengetahui apakah Berat badan seseorang bisa menimbulkan risiko kesehatan.

Kalkulator BMI Online :

Berat Badan kg
Tinggi cm
Standar Pengukuran

Cara Menghitung BMI  (Body Mass Index)

Untuk mengetahui berapa BMI kita, caranya cukup mudah. Baik laki-laki ataupun perempuan cara menghitung BMI menggunakan rumus yang sama. Anda dapat menghitung berapa bmi yang anda miliki dengan menggunakan rumus untuk menghitung BMI dibawah ini:

BMI = Berat Badan / (Tinggi Badan * Tinggi Badan)

Keterangan :

  • Satuan Berat Badan adalah Kilogram (kg)
  • Satuan Tinggi Badan adalah Meter (m)

Kategori Untuk BMI standar dapat anda lihat pada tabel dibawah ini:

BMICategory
Below 18.5Kurus
18.5-25Normal
25-30Kegemukan
Over 30Obesitas

Sekian ulasan mengenai aplikasi kalkulator BMI online beserta cara menghitung BMI dengan mudah dan tepat yang dapat kami sajikan kali ini. Semoga apa yang telah kami tuliskan pada artikel ini dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kita semua.