Cara Menghitung ROI – Rumus Perhitungan ROI

Cara Menghitung ROI (Return of Investment) Yang Mudah dan Benar – Dalam ulasan artikel kali ini kami akan menyajikan pembahasan tentang Cara Mudah Menghitung ROI yang mungkin akan sangat bermanfaat untuk anda yang ingin menjalankan bisnis usaha atau hanya ingin berinvestasi. ROI atau return Of Investmen dalam bahasa Indonesia disebut laba atas investasi yang mana merupakan rasio uang yang diperoleh atau hilang pada suatu investasi, relatif terhadap jumlah uang yang di investasikan.

Jumlah uang yang diperoleh atau hilang tersebut dapat disebut bunga atau laba/rugi. Investasi uang dapat dirujuk sebagai aset, modal, pokok, basis biaya investasi. ROI biasanya dinyatakan dalam bentuk persentase dan bukan dalam nilai desimal. ROI tidak memberikan indikasi jangka waktu berapa lamanya suatu investasi. Akan tetapi, ROI sering dinyatakan dalam satuan tahunan atau dihitung dengan jangka waktu satu tahun dan sering juga dinyatakan untuk suatu tahun kalender, fiskal dan sebagainya.

Latar belakang kami membahas tentang Cara Menghitung ROI ini berawal dari banyaknya minat masyarakat umum terhadap ROI yang kini telah menjadi fenomenal di berbagai kota di Indonesia. Topiknya muncul di hampir setiap konferensi dan agenda pertemuan bisnis dan marketing. Selain itu, banyaknya artikel tentang ROI muncul secara teratur di jurnal praktisi dan riset kewira usahaan.

Beberapa buku telah dikembangkan mengenai topik ini, dan perusahaan konsultan telah dikembangkan untuk mengatasi masalah kritis dan penting ini. Beberapa masalah yang banyak dialami oleh orang yang baru terjun ke dalam dunia usaha dan bisnis juga mendorong peningkatan minat pada pembahasan-pembahasan seputar ROI.

cara menghitung ROI

Pengertian Return on Investment

Nah, bagi anda yang belum memahami tentang apa itu ROI, berikut penjelasan singkatnya. ROI atau Return of Investment digunakan untuk membandingkan laba atas investasi antara investasi-investasi yang sulit dibandingkan dengan menggunakan nilai moneter. Sebagai contoh, suatu investasi senilai 1000 rupiah yang menghasilkan bunga 50 rupiah jelas memberikan lebih banyak uang daripada investasi senilai 100 rupiah yang memberikan bunga 20 rupiah. Tapi investasi 100 rupiah memberikan ROI yang lebih besar. Nah, untuk mempelajari lebih dalam lagi mengenai Cara Menghitung ROI dapat anda simak pada gambar rumus untuk menghitung Return of Investment di bawah ini.

Cara Menghitung ROI

rumus menghitung Return on investment

ROI = ( Total Penjualan – Investasi ) / Investasi x 100%

Misalnya, jika investasi sebesar Rp 10.000.000 menghasilkan penjualan sebesar Rp 15.000.000, berarti diperoleh laba sebesar Rp 5.000.000

Maka secara sederhana perhitungan ROI dalam presentase adalah = ((Rp 15.000.000 – Rp 10.000.000) / Rp 10.000.000) x 100% adalah sebesar 50%. Maka dapat disimpulkan tingkat ROInya adalah sebesar 50%.

Diagram return on investment.

Dari rumus menghitung ROI (Return of Investment) diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa mengetahui laba penjualan sebelum memilih untuk berinvestasi memang sangat penting untuk diketahui terlebih dahulu. Kita juga telah belajar serta mendapakan ilmu pengetahuan seputar bisinis yang banyak dari ulasan cara menentukan ROI dan mungkin akan memberi pengalaman baru kepada kita agar lebih selektif dalam memilih berinvestasi. Sekian ulasan mengenai cara menghitung ROI yang mudah dan cepat yang dapat kami tuliskan kali ini, semoga dapat bermanfaat.