Cara Menghitung Persen Dengan Kalkulator/ di Excell

Menghitung persen – Cara mencari persentase di excell atau dengan kalkulator yang benar dan cepat. Dalam artikel kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai rumus persen yang mungkin akan sangat berguna dalam kehidupan keseharian anda. Mungkin sekarang ini ada yang bertanya-tanya mengenai bagaimanakah cara menghitung persen, cara mencari persen baik pengurangan, penambahan perkalian ataupun pembagian dalam persentase (%). Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita akan dihadapkan dengan hitungan matematika, baik itu menghitung laba, untung dan rugi, menghitung luas, panjang, lebar, ataupun menghitung jumlah bilangan dalam sebuah persoalan lainnya.

Nah, apabila anda sedang bingung untuk menghitung bilangan dalam jumlah persen, kali ini anda dapat mengikuti petunjuk rumus menghitung persen yang mudah dan cepat yang akan kami berikan langsung dalam artikel ini. Mempelajari matematika bukan hanya sesuatu yang akan sangat bermanfaat bagi hidup kita, namun juga akan sangat menyenangkan dan membuat mudah persoalan-persoalan yang berkaitan dengan rumus matematika yang pada dasarnya akan selalu dihadapi oleh semua orang.

Persamaan matematika tidak hanya berguna bagi kita, tapi juga untuk membantu orang-orang disekitar kita yang menghadapi kesulitan dalam urusan matematika. Dan banyak ilmuwan mengakui bahwa mereka sering menyukai formula matematika tertentu tidak hanya untuk fungsinya, tapi juga untuk bentuk manfaat bagi mereka, dan pekerjaan yang mereka sedang geluti.

Sementara itu, banyak sekali rumus matematika terkenal, beberapa persamaan terkenal diantaranya seperti yang sangat populer dan pasti anda juga mengetahui tentang Albert Einstein’s E = mc ^ 2, sebagian besar kemuliaan publik, banyak formula yang kurang dikenal memiliki juara di antara para ilmuwan. Namun dalam ulasan kali ini kita hanya akan membahan mengenai persamaan bilangan penjumlahan, perkalian, pengurangan, dalam persen yang mana anda akan sangat terkejut betapa mudahnya belajar matematika serta memahami cara menghitung persen nilai dalam rumus persentase.

Cara Menghitung Persen

Selain itu, bagi para orang tua sewaktu Anda membimbing anak Anda untuk belajar matematika, Anda juga harus mengambil kesempatan untuk menjelaskan pentingnya dan relevansi perhitungan persentase:pertambahan bilangan, pengurangan bilangan, tingkat suku bunga, diskon untuk item penjualan dan lainnya yang memiliki hubungan sangat erat dengan persentase. Pembelajaran selalu ditingkatkan bila relevansi dari apa yang dipelajari dihargai.

Rumus Presentase :

Pengertian persen atau persentase adalah “untuk setiap 100” atau “di luar 100.” Simbolnya (%) sebagai cara cepat untuk menulis pecahan dengan penyebut 100. Sebagai contoh, alih-alih mengatakan “Hujan turun 15 hari dari setiap 100 hari,” hal ini dapat kita katakan dengan “hujan turun 15% dari waktu.”

Persentase dapat ditulis sebagai desimal dengan memindahkan titik desimal dua tempat ke kiri, sebagai contoh lihat pada gambar dibawah ini:

rumus persen

Sedangkan persentase desimal dapat ditulis sebagai persentase dengan menggerakkan titik desimal dua tempat ke kanan, sebagai contoh lihat pada gambar dibawah ini:

rumus presentase

Cara Menghitung Persen :

Ketahuilah bahwa rumus untuk menghitung bilangan dalam persentase atau untuk mengkonversi dari bilangan persentase relatif mudah dan sederhana. Cara untuk mengonversi pecahan atau desimal menjadi persentase, anda dapat mengkalikannya dengan angka 100, agar tidak bingung lihat pada gambar contoh dibawah ini:

menghitung persen

Nah, dari sini sudah mengertikan bagaimana cara menghitung persentase? Oke, untuk soal sekaligus mencoba apakah anda sudah benar memahami cara menghitung persentase, silahkan simak contoh soal persentase dibawah ini:

Contoh pertama, untuk yang termudah. Katakanlah 12 orang dari total 25 orang adalah pria. Berapa persentase pria tersebut?

menghitung presentase

Nah, selanjutnya setelah kita sukses mempelajari mengenai bagaimana cara menghitung persentase yang benar, cepat serta mudah, selanjutnya kita akan membahas mengenai masalah yang seringkali dihadapi saat mendapat soal persentase yang rumit. Pada umumnya setiap kesalahan umum saat kita menghitung persentase sering dianggap sebagai bagian dari keseluruhan yang lebih besar, ada kecenderungan untuk membagi daripada mengkalikan dari penjumlahan dan saat menghadapi masalah seperti “temukan 35% dari 80” setelah kita mengubah persen ke bentuk bilangan desimal, langkah selanjutnya adalah mengalikan, tidak membagi. Maka anda akan menemukan hasil akhirnya adalah 28.

Sekian ulasan mengenai cara menghitung persen pada rumus presentase matematika yang dapat kami tuliskan kali ini, semoga dapat bermanfaat serta menambah ilmu pengetahuan anda tentang rumus persentase dalam matematika.