Cara Menghitung Masa Subur Wanita dengan Kalkulator Masa Subur

Siklus Menstruasi – Berikut informasi cara menghitung masa subur wanita yang mudah dan benar.  Dalam ulasan kali ini kami akan membahas mengenai aplikasi kalkulator masa subur online beserta panduan dan langkah langkah memprediksi masa subur bagi para perempuan, khususnya yang baru menikah maupun ibu ibu pasca melahirkan dan juga bagi anda yang sekarang ini sedang menginginkan momongan. Berbicara mengenai cara cek siklus masa subur wanita, hal ini memang merupakan perbincangan yang hangat apalagi bagi anda yang baru saja menikah. Nah agar bisa menghitung dan mengetahui kapan masa subur pasangan anda, anda dapat menyimaknya secara jelas dan rinci sehingga dapat menambah pengetahuan anda dalam arikel ini.

Memperkirakan dan menghitung masa subur wanita setelah haid adalah salah satu cara utama untuk memiliki keturunan. Itu sebabnya untuk merencanakan kehamilan, Anda perlu memiliki catatan periode haid. Memang benar jika hamil merupakan masalah waktu bagi setiap mereka pasangan yang sehat. Namun, peluang presentase kehamilan yang sangat besar setelah berhubungan dapat anda perkirakan atau lebih tepatnya dapat anda ketahui dengan patokan masa subur setelah haid dan kapan masa tidak subur anda.

Untuk mengetahui masa subur anda, siklus datang bulan yang anda alami sangatlah berpengaruh terhadap perhitungan kapan masa subur anda berlangsung. Umumnya, setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak sama satu dengan yang lainnya.

cara menghitung masa subur wanita

Apakah yang dimaksud dengan siklus menstruasi atau siklus haid?

Pengertian siklus datang bulan/ siklus menstruasi pada wanita merupakan hitungan hari pertama saat masa datang bulan hingga berakhir masa tersebut. Pada umumnya wanita memiliki siklus datang bulan atau siklus haid dalam kurun waktu 21 sampai 35 hari lamanya. Namun pada umumnya, rata-rata wanita normalnya memiliki 28 hari siklus atau masa datang bulan, hal ini berdasarkan hasil riset terbanyak. Siklus datang bulan ini dimulai pada hari pertama saat dinding rahim anda meluruh dan menjadi darah, keluar dari vagina. Nah, pada masa datang bulan ini, sel telur yang ada didalam rahim akan berkembang di dalam ovarium.

Pada saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut, peristiwa ini disebut masa ovulasi pada wanita, dan hal ini terjadi kira-kira 2 minggu sebelum hari pertama haid. Sebenarnya, hari ketika terjadi ovulasi bergantung pada siklus haid yang anda alami, karena setiap wanita memiliki siklus haid yang tidak sama satu dengan yang lain. Nah, dari sini anda dapat membuat catatan kapan siklus datang bulan atau masa haid yang anda alami, hal ini sangat penting untuk menentukan masa subur anda. Setelah membuat catatan tentang siklus datang bulan anda, kini saatnya kita menghitung kapan datang masa subur anda.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Pada umumnya masa subur berkisar di sekitar waktu ovulasi, atau lebih dekarnya dalam lima hari masa sebelum ovulasi terjadi. Kebanyakan masa subur wanita adalah 12 – 16 hari sebelum masa haid berikutnya. Dalam kata lain, rata-rata wanita mengalami masa subur di antara hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama haid sebelumnya. Hal tersebut berlaku bagi wanita yang mempunyai siklus haid teratur 28 hari. Lain halnya apa bila siklus datang bulan Anda berbeda, Anda dapat coba mempelajari dan menghitung kapan masa subur Anda.

Perlu anda catat, umumnya lama masa datang bulan/ haid wanita ini bisa berubah dari waktu ke waktu, biasanya berlangsung 2-7 hari. Kondisi ini membuat ovulasi dapat berbeda sepekan lebih cepat atau satu pekan lebih lambat dari periode selanjutnya. Di sisi lain, selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Nah, agar kehamilan bisa terlaksana dengan positif, sel telur yang telah matang ini harus dibuahi dalam waktu 12 hingga 24 jam.

Semakin Anda mengerti keadaan tubuh Anda sendiri, maka akan semakin mudah Anda mengetahui jika ada sesuatu yang berbeda atau salah. Tidak hanya itu saja, dengan berubahnya masa menstruasi Anda bisa jadi merupakan gejala dari beberapa penyakit yang biasa terjadi pada perempuan, beberapa tidak terkait dengan organ reproduksi. Bila siklus menstruasi yang teratur menjadi tidak teratur, ini bisa saja mengindikasikan masalah hormon dan atau tiroid, masalah fungsi hati, masalah usus besar, diabetes, atau penyakit kesehatan lainnya.

Saat perempuan sering melewatkan masa menstruasinya atau masa menstruasi berubah-ubah, bisa jadi dikarenakan kebiasaan hidup yang berubah atau karena berat badan bertambah atau berkurang, atau bisa saja karena mengalami tingkat stres yang tinggi.

Kalkulator Masa Subur Online :

Tanggal Pertama Menstruasi:

Siklus menstruasi Anda: hari
Tanggal Paling Subur:
Masa Subur Anda:
(+) Lakukan Tespack pada:
(–) Menstruasi lagi pada:

Notes: Bila anda tidak berhasil melakukan perhitungan siklus masa subur anda melalui kalkulator masa subur diatas, silahkan anda bisa langsung mengunjungi situs yang membuat aplikasi masa subur wanita diatas melalui alamat : https://luvizhea.com/kalkulator-masa-subur/

Bagaimana? Apakah masih bingung untuk menghitung masa subur anda? Jika iya, anda tidak perlu khawatir, karena Cara Menghitung Masa Subur Wanita lainnya dapat ditandai dengan gejala-gejala yang umum. Biasanya seorang wanita akan memiliki sinyal atau tanda-tanda yang dapat dengan mudah anda rasakan perbedaannya pada tubuh. Beberapa ciri atau tanda-tanda anda sedang mengalami masa subur diantaranya adalah:

  • Keluar cairan berupa lendir dari mulut rahim, ini juga menjadi indikator bahwa anda sedang berada dalam masa subur. Bagai mana caranya untuk mendeteksi lendir dari mulut rahim? Cukup mudah, anda dapat meraba vagina dengan ujung telunjuk dan ibu jari (pastikan jari-jemari bersih untuk mencegah terjadinya infeksi). Lalu ambil lendir yang ada di sana. Pada saat subur, dari vagina akan keluar cairan bening seperti putih telur sehingga terkesan basah. Cek elastisitas lendir dengan menjauhkan telunjuk dari ibu jari. Jika lendir tidak putus atau elastis, berarti saat itu sedang terjadi masa subur.
  • Peningkatan suhu tubuh, anda akan merasakan suhu tubuh yang tidak biasa dari biasanya. Hal ini bukan terindikasi sebagai demam atau sakit. Peningkatan suhu ini umumnya berlangsung selama 3 hari. Meningkatnya suhu tidak terlalu berlebihan, hanya berkisar di angka 0,2 – 0,5° Celcius. Dalam istilah medis, suhu itu disebut sebagai suhu basal tubuh, artinya suhu tubuh dalam kondisi istirahat penuh. Meningkatnya suhu tubuh ini terjadi karena produksi hormon progesteron yang muncul segera setelah ovulasi.
  • Anda akan diliputi perasaan lebih bergairah dari biasanya. Sebagian wanita merasakan lebih bergairah, lebih bersemangat, dan lebih mudah bersosialisasi saat dirinya berada pada masa subur.

Sekian ulasan mengenai cara menghitung masa subur wanita menggunakan aplikasi kalkulator masa subur yang dapat kami tuliskan untuk anda, semoga apa yang telah kami tuliskan ini dapat bermanfaat serta membantu anda untuk lebih mudah mengetahui kapan masa subur anda sedang berlangsung.