Cara Menghitung Berat Badan Ideal Yang Sehat

Rumus Berat badan ideal – Setiap manusia di muka bumi ini tentu saja mendambakan tubuh sempurna dengan berat badan yang ideal. Wajar apabila banyak orang sangat menginginkan berat badan ideal wanita maupun pria karena pola hidup sebagian besar manusia modern yang sangat praktis serta kurang sehat dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit yang bisa membuat berat badan mengalami penurunan atau justru malah meningkat secara drastis. Seperti contohnya orang-orang yang hidup di kawasan perkotaan mereka kebanyakan hidup dalam cengkraman obesitas yang mana bisa sangat mudah terjadi akibat pola hidup yang serba instan ditambah dengan makanan cepat saji dan kurang olah raga.

Nah, untuk berjaga-jaga agar anda tidak mudah terserang obesitas atau peningkatan berat badan yang berlebih, ada baiknya anda rutin menghitung berat badan dengan rumusan ukuran ideal berat yang sesuai dengan tinggi badan anda. Bagaimana menghitung berat badan ideal? Untuk anda yang ingin tahu cara menghitung berat badan yang ideal atau tidak, anda dapat memperoleh informasinya langsung dari artikel yang kami tuliskan ini.

Tentunya apabila anda memiliki bentuk badan ideal, maka secara otomatis tingkat kepercayaan diri akan meningkat. Namun apakah bentuk tubuh yang ideal menurut Anda merupakan berat badan yang ideal? Bagaimanakah bentuk tubuh ideal menurut Anda? Apakah yang seperti binaragawan atau model? Apa patokan bentuk tubuh yang ideal khususnya untuk diri anda sendiri? Bentuk tubuh yang ideal merupakan hal yang subjektif. Bentuk tubuh yang ideal menurut Anda bisa saja tidak sama dengan bentuk tubuh yang ideal menurut teman Anda, orang tua Anda, atau orang lain.

Yang perlu anda perhatikan bahwa bentuk tubuh ideal tidak selalu sama dengan berat badan ideal. Jika bentuk tubuh adalah pandangan yang subjektif, maka berat badan adalah hal yang objektif. Apakah Anda menganggap kalau bentuk tubuh Anda tidak ideal? Hal itu belum tentu, mungkin bagi Anda tubuh bentuk tubuh Anda tidak ideal, tapi bagi ukuran berat badan yang anda miliki bisa saja Anda termasuk orang yang memiliki tubuh ideal.

cara menghitung berat badan ideal

Sampai disini apakah Anda masih bingung tentang patokan cara menghitung berat badan ideal? Bagaimana cara mengetahui berat badan yang ideal untuk pria dan wanita? Nah, langsung saja, berikut ini adalah rumus-rumus penting untuk menghitung berat badan ideal atau yang standar, baik untuk pria maupun wanita.

Dalam menghitung berat badan ideal, rumus yang anda perlukan sangatlah simpel dan sederhana. Terdapat beberapa metode mudah untuk menghitung berat badan ideal anda yakni menggunakan metode BMI (Body Mass Index), menggunakan metode rumus Brosca dan yang terakhir menggunakan metode rumus konvesional. Dimana anda dapat memilih salah satu metode untuk menghitung berat badan ideal yang anda miliki. Nah, untuk penjabaran lebih jelasnya mengenai 3 metode menghitung berat badan ideal tersebut, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Cara menghitung berat badan Ideal dengan Rumus BMI  :

Cara ini merupakan cara yang sangat mudah dan paling cepat juga praktis. Cara menghitung berat badan dengan menggunakan kalkulator BMI bisa anda lakukan apabila anda berumur 20 tahun atau lebih. Namun cara perhitungan BMI untuk di bawah usia 20 tahun memiliki rumus yang berbeda. Angka BMI yang normal berkisar dari 18,5 sampai 25. Ketika angka BMI Anda terletak di atas 25, Anda memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung, osteoarthritis, kanker, dan diabetes level 2. Dan jika angka BMI berada di bawah 18, akan berisiko tinggi terhadap osteoporosis. Sebaiknya Anda dengan angka BMI di atas 27 dan di bawah 18 meminta saran dokter atau memperbaiki pola hidup Anda agar berat badan menjadi ideal. Terutama bagi Anda dengan angka BMI di atas 40, berhati-hatilah karena berat badan anda telah memasuki situasi yang mengkhawatirkan.

rumus berat badan ideal

Rumus Berat Badan Ideal BMI:

Berat tubuh ideal = Berat badan (kg) : (Tinggi badan)² (m)

Sebagai contoh :

Berat badan Budi 47 kg dan tinggi Budi tinggi 1,63 m maka 47 : (1,63)² = 17.8 maka nilai BMI budi adalah 17.8

berat badan ideal

Menghitung berat badan Ideal Menggunakan Rumus Brosca :

Sedikit penjelasan mengenai rumus Brosca, tahukah anda mengapa rumus menghitung berat badan ideal ini dinamai rumus Brosca? Karena pada awal mulanya, rumus ini ditemukan oleh Pierre Paul Brosca. Rumus brosca ini terbagi menjadi dua jenis rumus, untuk pria dan wanita.

Laki-laki : Berat badan ideal (kg) = {tinggi badan (cm) – 100} – {[tinggi badan (cm) – 100] x 10%}

Perempuan : Berat badan ideal (kg) = {tinggi badan (cm) – 100} – {[tinggi badan (cm) – 100] x 15%}

Contoh jika Anda laki-laki dengan tinggi badan 172 maka berat badan ideal anda adalah (172-100) – {(172-100) x 10%} = 72 – 7.2 = 64.8

Sekian ulasan mengenai cara menghitung berat badan ideal untuk pria dan wanita yang mudah dan praktis yang bisa kami sajikan dalam artikel kali ini. Anda dapat menghitung berat badan ideal anda sendiri dengan menggunakan salah satu rumus diatas, tentu saja kami berharap anda memiliki berat badan yang ideal serta sehat. Sekian ulasan dari kami, semoga dapat bermanfaat.