Cara Menghitung Akar Pangkat 2 ( Kuadrat) dengan Cepat

Cara Menghitung Akar Kuadrat Pangkat 2 –  Pada ulasan kali ini kami akan mencoba untuk berbagi sebuah rumus matematika yang akan sangat bermanfaat untuk anda pelajari. Menghitung akar kuadrat memang sedikit sulit padahal pelajaran ini merupakan pelajaran anak sekolah dasar (SD). Arti dari akar kuadrat sendiri adalah pangkat dua suatu bilangan adalah suatu bilangan yang jika dikalikan dengan dirinya sebanyak dua kali hasilnya sama dengan bilangan yang dicari akarnya.

Sebenarnya apa yang kita bahas dalam artikel kali ini hanyalah merupakanan pengulangan pelajaran yang pernah kita perlajari sebelumnya pada saat duduk dibangku sekolah dasar yakni menghitung akar bilangan. Cara paling cepat berhitung akar kuadrat mudah kita kuasai apabila kita telah mengingat tehnik menghitung akar kuadrat serta rumus untuk menghitung akar kuadrat yang tepat.

Untuk yang mendasar kita harus hafal hasil dari pangkat dua bilangan 1 sampai 10 sehingga untuk menghitung akar kuadrat yang angkanya ratusan akan sangat mudah asal kita menguasai tehnik hasil pangkat dua 1-10 dan tehnik yang akan kita bahas saat ini.Banyak artikel yang membahas cara cepat menghitung akar kuadrat menggunakan Tabel hasil hitung pada microsoft excel, tapi ini tidak akan dapat membantu ketika kita di beri soal ujian dimana kita tidak di perbolehkan membawa tabel atau alat bantu apapun.

Untuk itu saya akan membahas bagaimana cara menghitung akar kuadrat dengan cepat beserta contoh- contoh soal yang akan sangat membantu pemahaman kita untuk bisa belajar akar kuadrat dengan cepat dan mudah.

cara menghitung akar kuadrat

Cara Menghitung Akar Kuadrat Pangkat 2 :

Sebenarnya, rumus untuk menghitung akar kuadrat cukup simpel dan mudah untuk dipahami. Coba perhatikan gambar, dan perhatikan juga langkah-langkah berikut ini:

Caranya:

  • Pertama tulis bilangan 361 dengan memisahkannya seperti pada gambar
  • Ingatlah angka 2 kecil berwarna hitam ini paten (tetap), tidak boleh dirubah.
  • Selanjutnya perhatikan pada angka 3 pada pemenggalan bilangan 361
  • Bilangan bulat positif berapakah yang jika dikuadratkan maka hasilnya mendekati 3 (tidak boleh melebihi). Tentu bilangan yang dimaksud adalah 1. Tulis di atas, berwarna biru (ini adalah hasil sementara)
  • Seperti biasa (seperti pada pembagian), 3 dikurangi 1 sama dengan 2. Kemudian turunkan 61. Menjadi 261
  • 2 warna merah berasal dari perkalian hasil sementara dengan angka 2 kecil berwarna hitam.
  • “duapuluh berapa dikali berapa” yang hasilnya mendekati 261. (“berapa” di sini haruslah sama. harus yang paling mendekati dengan 261. Tidak boleh melebihi) Ini langkah yang bisa digunakan dengan coba-coba.
  • Tentu akhirnya kita dapatkan angka 9 (berwarna biru muda). Karena 29 \times 9=261
  • Tulis di atas (berwarna biru muda).
  • Karena sudah bersisa 0, maka dari sini kita sudah selesai.
  • Sehingga hasilnya akhir dari akar kuadrat 361 adalah 19.

Nah, cukup mudah bukan? yang perlu anda ingat apabila anda ingin mengetahui cara cepat untuk menyelesaikan soal akar kuadrat, berapapun itu, yang perlu menjadi rumus patokan anda adalah anda harus hafal nilai kuadrat dari 1 sampai 9. Dari sini kita sudah mengerti bagaimana cara menyelesaikan hitungan kuadrat.

Untuk saat ini kami kira sudah cukup pembahasan mengenai cara menghitung akar pangkat 2 ( kuadrat) dengan rumus matematika yang mudah dan praktis. Semoga apa yang telah kami tuliskan kali ini dapat bermanfaat bagi wawasan ilmu pengetahuan kita semua.